Awal berdirinya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi pada tahun 1980 sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 0221/a/O/1980 tanggal 2 September 1980, namun baru berjalan pada tanggal 4 April 1981 yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Pusat Pembinaan Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Pusat Pembinaan Perpustakaan, Direktorat Jenderal Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan nama Perpustakaan Wilayah Provinsi Jambi.

Pada tanggal 6 Maret 1989 terbitlah Keputusan Presiden nomor 11 Tahun 1989 tentang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden tersebut, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memiliki satuan organisasi yang bernama Perpustakaan Daerah yang berkedudukan di masing-masing Ibukota Provinsi. Sejak saat itulah Perpustakaan Wilayah Provinsi Jambi berubah nama menjadi Perpustakaan Daerah Jambi.

Pada tahun 1996 terbitlah Peraturan Daerah nomor 6 Tahun 1996 yang membentuk Kantor Arsip Daerah. Dari adanya Sub Bagian Arsip dan Ekspedisi, Bagian Tata Usaha Umum dan Arsip, Biro Umum pada Sekretariat Wilayah Daerah Provinsi Jambi, maka terbentuklah Kantor Arsip Daerah Provinsi Jambi.

Pada tahun 1997, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengalami perluasan struktur organisasi berdasarkan Keputusan Presiden nomor 50 Tahun 1997 tentang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dimana Perpustakaan Daerah disejajarkan dengan Lembaga Pemerintah Non Departemen lainnya serta Departemen yang berada di wilayah Provinsi, maka Perpustakaan Daerah Jambi berubah nama menjadi Perpustakaan Nasional Provinsi Jambi.

Dengan terbitnya Peraturan Daerah Provinsi Jambi nomor 17 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi, maka Perpustakaan Nasional Provinsi Jambi berubah nama menjadi Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi yang merupakan Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Jambi.

Selanjutnya berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jambi nomor 15 Tahun 2008, bergabunglah dua Institusi yaitu Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi dan Kantor Arsip Daerah Provinsi Jambi menjadi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi dan masih merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.

Pada akhir tahun 2016 terbitlah Peraturan Daerah Provinsi Jambi nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Jambi yang mengatur pembentukan, tipelogi dan susunan perangkat daerah, maka Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi berubah nama menjadi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

 

Jalan Rd. Poerboyo Kolopaking No.65 Telanaipura, Jambi
Telp. & Fax (0741) 61310
website: www.dpadprovjambi.com